LAPORAN PROGRAM KERJA
SAMPAH
Kata
Pengantar
Puji syukur kami
panjatkan kepada kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan
hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan program kerja ini tepat
pada waktunya.
Dalam laporan ini kami
membahas tentang “SAMPAH” dengan pertimbangan materi tersebut merupakan bahan
untuk lomba lingkungan sekolah sehat sehingga dapat membantu untuk lebih
memahami dan mempelajari materi tentang sampah.
Dalam pembuatan laporan
ini, kami menyadari adanya berbagai kekurangan, baik dalam isi materi maupun
penyusunan kalimat. Namun demikian, kami mengharapkan adanya kritik dan saran
untuk penyempurnaan makalah ini.
Tim
Penyusun
_______________
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Pengertian
Sampah adalah material sisa yang dibuang sebagai hasil dari proses
produksi, baik itu industri maupun rumah tangga. Pengertian lain dari sampah
adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh manusia setelah proses/ penggunaannya
berakhir.
Material
sampah dapat berasal dari manusia, hewan , ataupun dari tumbuhan yang sudah
tidak dipakai. Wujud dari sampah bisa dalam bentuk padat, cair, ataupun gas.
Dalam kehidupan
sehari-hari kita tidak dapat terhindah dari sampah, karena sampah adalah
sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan, bila ada kehidupan pasti ada
sampah. Keberadaan sampah dipandang sebelah mata oleh banyak masyarakat, karena
sering disinyalir sebagai biang keladi terjadinya banjir, tempat bersarangnya
nyamuk, lalat, bau busuk yang tidak bersahabat dan segudang prdikat yang
berkonotasi negatif.
Sebenarnya semuanya
itu tidak dari sampah itu sendiri, tetapi
perilaku masyarakat yang tidak dapat memperlakukan sampah dengan bijak,
bila kita bisa memperlakukan sampah itu dengan bijak maka konotasi negatif
tentang sampah tidak akan terjadi. Di dalam kehidupan sehari-hari sering kita
memperlakukan sampah tidak bijak, yang dimaksud tidak bijak, sampah dicampur
jadi satu antara sampah organik, anorgani dijadikan satu tidak dipilah.
Seandainya kita bisa memilah sampah organik dijadikan satu dengan sampah
organik, dan sampah anorganik dijadikan satu dengan samah anorganik pasti
kemudahan akan didapat. Karena sampah organik dapat dijadikan kompos, biogas
dan keseuanya itu pasti sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Demikian
juga sampah anorganik misalnya kertas dikumpulkan dengan kertas, logam
dikumpulkan dengan logam, platik dikumpulkan dengan plastik maka untuk mendaur
ulang pasti dengan meudah.
Dengan pemilahan dan
pengolahan sampah dengan tepat maka sampah pasti akan tidak akan dipandang
sebelah mata dan pastinya memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Kondisi
seperti inilah yang akan diupayakan oleh lembaga pendidikan terutama sekolah,
karena di sekolah ada kehidupan dan pasti di dalam kehidupan ada sampah.
Sekolah yang terhidar dari konotasi sampah yang negatif, sampah yang di sekolah
yang menjadi sahabat, menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat walaupun pastinya
tidak akan dapat memilah, mengolah seprofesional seperti tempat pengolahan
sampah tetapi setidaknya siswa peduli bagaimana cara memperlakukan sampah
dengan benar. Permasalahan yang muncul di lingkungan sekolah sulitnya menekan
keberadaan sampah organik dan sampah anorganik, keberadaan sampah plastik dan
sampah dari dedaunan yang ada di lingkungan sekolah yang membuat kondisi
sekolah yang sulit untuk terhidar dari kehadiran sampah.
“motto perlakukanlah sampah dengan bijak, yakinkan sampah akan
membalasnya dengan manfaat yang lebih besar “
Sampah di SDN 4 Gemaharjo terbagi menjadi 5 jenis yaitu sampah
organik, sampah kaca, sampah kertas, sampah B3 (beracun, berbau, dan
berbahaya), sampah plastik.
1.2
Tujuan
Dari program kerja
pemilahan dan pengolahan sampah betujuan :
1.
Memberi edukasi kepada warga sekolah tentang bagaimana
memperlakukan sampah dengan bijak.
2.
Mengurangi sampah dilingkungan sekolah.
3.
Mengelola sampah dengan 3R ( reduce, reuse dan recycle )
4.
Mengolah sampah organik menjadi kompos.
1.3 Manfaat Kegiatan
Dari program
kerja pemilahan dan pengolahan sampah bermanfaat :
1.
Warga sekolah memiliki kepedulian terhadap keberadaan sampah baik
di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.
2.
Berkurangnya sampah baik sampah organik dan sampah anorganik.
3.
Warga sekolah dapat memilih produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang,
menghindari memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar,
menggunakan produk yang dapat diisi ulang (refill), menggunakan email (surat
elektronik) untuk berkirim surat
4.
Memberikan baju yang kekecilan pada adik atau saudara anda, menggunakan
sapu tangan dari pada menggunakan tissu, menggunakan tas belanja dari kain dari
pada menggunakan kantong plastik, menggunakan sisi kertas yang masih kosong
untuk menulis
5. Melakukan pengolahan sampah
organik menjadi kompos, melakukan pengolahan sampah non organik menjadi barang
yang bermanfaat dan bahkan memiliki nilai jual.
1.4 Bentuk Kegiatan
1. Pengajuan bantuan komposter sampah untuk
membuat sampah organik menjadi kompos ke Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pacitan.
2. Pembuatan biopori di halaman sekolah
3. Gerakan titip oksigen siswa baru dengan
membantu tanaman untuk di tanam di lingkungan sekolah.
4. Pengadaan dan perawatan tempat sampah untuk
sampah organik dan anorganik.
5. Pembuatan keranjang pilah untuk sampah
anorganik
6. Kegiatan rutin pemungutan sampah di lingkungan
sekolah pada jam pelajaran Olahraga, 1
jam per minggu.
7. Mengontrol tong pembuatan kompos setiap 6 hari
sekali
8. Melakukan pemupukan kepada tanaman sekitar
lingkungan sekolah dengan pupuk diantaranya pupuk hasil kompos sekolah.
9. Himbauan
kepada siswa untuk membawa tempat minum, tempat makan dari rumah yang bias
diisi ulang.
E. Peserta Kegiatan
1. Semua warga sekolah dengan koordinator
kelompok kerja pemilahan dan pengolahan sampah.
2. Siswa-siswi dengan koordinator guru pembina
pokja sampah pada jam pelajaran Olahraga.
BAB II
RENCANA PROGRAM KERJA
Kelopok
kerja sampah memiliki rencana program kerja antara lain :
1. Pemilahan
sampah,
2. Pengolahan sampah organik yang bisa dimanfaatkan untuk
bahan dasar kompos dan pengolahan sampah anorganik yang bisa diolah dengan cara
3R.
BAB
III
JADWAL
PIKET
JADWAL PIKET PEMILAHAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH
NO
|
KELAS
|
HARI
|
KETERANGAN
|
WAKTU
|
1.
|
4
|
SENIN,
SELASA
|
Bergantian
sesuai dengan nomor presensi, dan didampingi kader serta guru pembina
|
Jam
pulang sekolah
|
2.
|
5
|
RABU,
KAMIS
|
Bergantian
sesuai dengan nomor presensi, dan didampingi kader serta guru pembina
|
Jam
pulang sekolah
|
3.
|
6
|
JUMAT,
SABTU
|
Bergantian
sesuai dengan nomor presensi, dan didampingi kader serta guru pembina
|
Jam
pulang sekolah
|
BAB IV
PENUTUP
Demikianlah gambaran
rencana program kerja ini kami susun, dengan harapan akan menjadi sebuah
kegiatan yang dapat terealisasikan. Semoga rencana kegiatan ini dapat
terlaksana dengan baik dan tentu saja hasil
akhirnya akan mencapai tujuan yang telah ditentukan serta dapat
memberikan manfaat bagi kita semua.
Posting Komentar
Terima kasih atas kunjungannya. Apakah tulisan di atas bermanfaat ?? Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.